7 Cara Memilih Jasa Percetakan untuk Memulai Usaha

7 Cara Memilih Jasa Percetakan untuk Memulai Usaha

7 Cara Memilih Jasa Percetakan untuk Memulai Usaha – Baru ingin memulai usaha baru, tapi masih kebingungan memilih jasa percetakan terbaik untuk menunjang usahamu itu? Sebagai konsumen, kamu memiliki hak mendapat jasa percetakan yang berkualitas dan menawarkan produk yang sama sesuai budget. Terlebih mengingat kamu baru memulai usaha baru, benar-benar wajar bila kamu ingin menghemat biaya pengeluaranmu dengan mencari percetakan yang murah.

Murah tidak harus murahan, lho. Ada banyak pilihan jasa percetakan, khususnya digital printing Jakarta, yang tawarkan kualitas baik pada harga terjangkau. Lalu, bagaimanakah cara memilih jasa percetakan yang terbaik untuk memulai usaha baru?

7 Cara Memilih Jasa Percetakan

Berikut ini adalah beberapa cara memilih jasa percetakan yang bisa Anda simak :

1. Utamakan yang Reputasinya Baik

Awam dalam memilih jasa percetakan? Tidak jadi masalah. Kamu dapat memilih jasa percetakan berdasar reputasinya. Semakin banyak client dan testimonial positif yang diberikan pada suatu jasa, maka kemungkinan jasa itu memang bisa dipercaya dan membuat pelanggannya merasa senang.

Di mana kita dapat melihat reputasi sebuah jasa percetakan? Lihat ulasan di Google atau membuka web resminya. Di web resmi umumnya akan dicantumkan portfolio atau daftar klien yang pernah bekerjasama dengan jasa itu. Nach, disana lah kamu dapat memberi penilaian awal pada jasa itu.

2. Kelengkapan Produk yang Ditawarkan

Sebuah jasa percetakan yang berkualitas tentu menawarkan bermacam produk yang cukup lengkap, dimulai dari cetak banner, kaos, jersey, stiker, poster, buku, edaran, sampai dengan backlite. Ingat keperluan tiap pelanggan tentu berbeda, jadi sudah selayaknya sebuah jasa percetakan menyediakan opsi produk yang cukup lengkap.

Kamu harus memilih jasa percetakan yang menawarkan bermacam opsi produk seperti ini. Kenapa? Karena jasa yang menyediakan opsi produk yang lengkap memperlihatkan kesungguhannya dalam memperdalam usaha tersebut.

See also  Pengertian Siklus Hidrologi dan Proses Berlangsungnya

3. Cek Kualitas Hasil Produksi

Sebagai konsumen sudah tentu kamu mempunyai hak melihat portfolio dari jasa percetakan yang hendak dipilih. Coba telusuri web atau akun media sosial jasa itu untuk ketahui hasil produksinya. Bila ingin lihat langsung, berikan ke staf jasa yang kamu tentukan untuk melihat portfolionya langsung.

Dari hasil produksi yang kamu lihat, sudah tentu kamu jadi bisa memandang kualitas jasa percetakan itu. Jika kualitasnya memang sesuai yang kamu harapkan, lanjutkan saja proses transaksi bisnisnya. Tapi, jika kualitasnya ternyata tidak sebagus yang kamu pikir, cari jasa percetakan lainnya.

4. Memberikan Service yang Baik

Dalam mencari supplier percetakan untuk memulai usaha barumu, kamu juga harus mengutamakan service dari staff jasa percetakan yang diputuskan. Syarat service yang baik bisa dilihat dari kecepatan memberikan respon konsumen setia, staff yang komunikatif dalam menjawab atau membahas satu hal dengan pemakai jasa, dan keramahan dalam berbicara.

Saat kamu mendapatkan service yang baik, kamu tentu merasa nyaman untuk melanjutkan transaksi dengan supplier itu. Apalagi sebagai pemula sudah tentu kamu membutuhkan supplier yang ingin dibawa bicara dan menjelaskan beragam hal yang belum kamu ketahui awalnya.

Oleh karena itu, jika kamu mendapati sebuah jasa percetakan yang menarik hati, jangan ragu untuk memulai komunikasi. Jasa yang baik tentu selalu cepat dalam menjawab beragam pertanyaan calon pengguna jasanya.

5. Pikirkan Biaya Buat

Semua poin dalam tetapkan supplier percetakan telah membuat kamu sreg, tapi harga benar-benar tidak bersahabat dengan budget yang ada. Jika sudah seperti ini, kamu harus mencari supplier yang lain tawarkan harga lebih dapat dijangkau. Jangan sampai usahamu kacau karena harus mengeluarkan dana kebanyakan untuk percetakan. Permasalahannya kamu perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan lain.

See also  Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A3s

Agar tidak menghabiskan waktu, coba untuk menanyakan harga terlebih dahulu saat pertama kalinya menghubungi jasa percetakan. Dengan begitu kamu jadi bisa membuat pemikiran lainnya setelah sreg di harga yang ditawarkan.

6. Lama Waktu Pembuatan

Setelah cocok dengan beragam poin sebagai pemikiran saat tentukan supplier percetakan, kamu harus bertanya mengenai lama waktu penyelesaiannya. Jangan sampai durasi waktu penyelesaiannya semakin lama dan lewat tanggal di mana kamu sudah merencanakan untuk membuka usaha baru ini.

Coba bahas dengan pihak supplier terlebih dahulu. Yakinkan bila jasa yang kamu tetapkan memang mampu kerjakan pesananmu sesuai saat yang kamu berikan. Apabila sudah setuju dengan durasi waktu penyelesaiannya, kamu juga bisa rileks mempersiapkan kepentingan lainnya untuk memulai usaha baru.

7. Dapatkan Rekomendasi dari Sumber Terpercaya

Jika ragu putuskan supplier percetakan terbaik untuk memulai usahamu, coba dapatkan rekomendasi dari sumber yang terpercaya. Misalnya, jika ada famili atau rekan yang pernah memakai jasa percetakan, tanya terkait hasilnya dan harga yang mereka dapatkan dari jasa itu. Umumnya, rekomendasi dari sumber terpercaya memang lebih memberikan kepuasan.

Demikian artikel di atas mengenai 7 Cara Memilih Jasa Percetakan untuk Memulai Usaha. Semoga bisa bermafaat bagi pembaca.