Apa Itu Asuransi Jiwa? Berikut Penjelasan dan Jenisnya

Dalam menjalani hidup ini kita pasti ditempatkan pada beragam jenis resiko yang bisa memberikan ancaman keselamatan bahkan juga nyawa kita dan keadaan keuangan.

Bicara mengenai pengontrolan resiko terutamanya resiko kematian, pasti Anda tidak asing dengan istilah asuransi jiwa. Bahasan terkait asuransi ini belakangan ramai diulas ketika almarhum aktris Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah pernah mengatakan jika sudah mempersiapkan warisan berbentuk asuransi untuk anaknya jika ke-2 nya wafat.

Mencuplik Buku Pembelajaran Asuransi Jiwa dengan judul “Hidup Cerdas dengan Asuransi Jiwa” yang diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi jiwa diartikan sebagai program pelindungan berbentuk peralihan resiko ekonomis atas wafat atau hidupnya seorang yang dipertanggungkan.
Kontrak pelindungan asuransi jiwa disajikan berbentuk tertulis yang disebut polis. Polis berisi kontrak di antara perusahaan asuransi jiwa dan pemegang polis, yaitu perusahaan asuransi jiwa mempunyai kewajiban untuk memberikan beberapa uang yang sudah ditetapkan kepada yang ditunjuk (umumnya penerima manfaat) bila terjadi kematian, atau pemegang polis tetap hidup pada akhir periode kontrak (sesuai masa pertanggungan).
Sebagai imbalan atas peralihan resiko tersebut pemegang polis memiliki kewajiban kepada perusahaan asuransi jiwa yang disebutkan dengan pembayaran premi.
Asuransi jiwa harus mempunyai empat elemen khusus yakni pertama, peralihan resiko atas diri tertanggung ke penanggung. Ke-2 , pemegang polis harus berkewajiban membayar premi. Ke-3 , penanggung berkewajiban membayar uang pertanggungan atas resiko yang ditanggung. Ke-4, syarat dan ketetapan yang ditata dalam polis seperti aia asuransi jiwa misalnya.

Beberapa jenis asuransi jiwa sendiri ada empat yakni asuransi jiwa berjangka (term life insurance), asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance), asuransi jiwa dwiguna (endowment), dan asuransi jiwa unitlink. Masing-masing jenis asuransi jiwa tersebut mempunyai manfaat dan keunggulan yang berbeda sehingga saat sebelum memilih jenis asuransi jiwa yang hendak dibeli, pastikan Anda mengerti perbedaannya sehingga bisa memilih jenis asuransi jiwa yang sesuai keperluan Anda.

See also  5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memilih Undangan Pernikahan

1. Asuransi Jiwa Berjangka (term life insurance)

Produk asuransi jiwa yang memberikan santunan kematian jika tertanggung wafat dalam masa yang dijanjikan. Masa tersebut dapat 1, 5, 10, 15, 20 tahun, atau s/d batasan umur tertentu. Keunggulan asuransi jiwa ini ialah besar preminya relatif lebih rendah dibanding dengan produk asuransi jiwa yang lain.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (whole life insurance)

Produk asuransi jiwa yang memberikan santunan kematian jika tertanggung wafat dengan masa asuransi seumur hidup tertanggung. Asuransi jiwa ini bisa berperan sebagai instrument investasi dengan imbal hasil tetap.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (endowment)

Produk asuransi jiwa yang mempunyai dua manfaat yakni membayar santunan kematian jika tertanggung wafat dalam masa asuransi dan membayar manfaat habis kontrak jika tertanggung masih hidup di akhir masa asuransi jiwa. Masa asuransi dapat 5, 10, 15, atau bahkan juga 30 tahun, atau dapat juga berakhir pada umur tertentu.

Asuransi jiwa ini memberikan imbal hasil yang jelas sehingga bisa dipakai untuk merencanakan dana pendidikan anak atau persiapan dana pensiun.

4. Asuransi Jiwa Unitlink

Produk asuransi jiwa yang mempunyai dua fungsi yakni memberi perlindungan asuransi jiwa dan mempunyai nilai tunai, setiap waktu nilainya bervariatif sesuai nilai asset investasi tersebut.

Bila ingin memiliki asuransi jiwa dan ingin melakukan investasi tapi tidak memahami mengenai investasi, maka Anda bisa memilih asuransi jiwa unitlink ini. Asuransi jiwa yang satu ini dapat dipakai untuk merencanakan dana pendidikan anak atau persiapan dana pensiun.

Penutup

Diatas adaklah penjelasan singkat terkait asuransi jiwa kunjungi asuransijiwa.xyz untuk informasi terkait, banyak orang tau hal ini namun tidak sedikit yang salah pemahaman tentangnya untuk itu admin berharap semoga artikel ini bermanfaat bagi kita!.

See also  Ide Lomba Online 17an Dimasa Pandemi