Cara Memilih Snack (Makanan Ringan) untuk Liburan

Cara Memilih Snack (Makanan Ringan) untuk Liburan

Cara Memilih Snack (Makanan Ringan) untuk Liburan – Snack ringan selalu dibungkus dengan desain paket yang menarik perhatian. Tetapi, saat menentukan snack, Anda tidak bisa cuma melihat dari tampilan kemasannya saja.

Hal lain yang dapat menjadi pertimbangan saat menentukan snack ringan adalah bentuk, bahan dasar, kandungan kalori, dan opsi rasa, seperti yang hendak kami sampaikan berikut ini.

Cara Memilih Snack (Makanan Ringan)

Sekarang saatnya Anda melihat beberapa tips untuk memilih snack ringan favorite. Anda bisa melihat rekomendasi cemilan di jajanan indomaret. Berikut adalah caranya :

1. Pilih Snack dengan Bentuk yang Paling Anda Suka

Di Indonesia, makanan ringan biasanya ada dua wujud, yaitu kue dan crackers. Snack ringan di pasar biasanya berbentuk kue kering atau kukis/biskuit, dan ada pula yang berbentuk kue basah.

  • Snack yang berbentuk kue umumnya memiliki rasa manis serta lebih mengenyangkan, pas untuk bekal saat akan lakukan perjalanan jauh.
  • Snack berbentuk crackers rasanya cenderung renyah, cocok dinikmati saat santai atau dimakan bersama makanan besar. Snack ringan jenis ini biasa dinamakan krupuk, keripik, stik gurih, dan lain-lain.

Selain crackers dan kue, ada pula snack ringan berbentuk snack extruded, corn puff manis atau renyah, dan pop corn.

Bila Anda kebingungan memilih snack, Anda bisa mempertimbangkan dari segi keperluannya. Bila Anda ingin bepergian, Anda dapat pilih snack kue. Dan jika Anda ingin bersantai, pilihlah crackers.

2. Cek Bahan Dasar yang Bisa Mempengaruhi Rasa dan Tekstur

Cara lain saat menentukan snack dengan mengecek bahan dasar cemilan itu. Ada beberapa jenis snack ringan dengan beragam jenis bahan dasar yang mempengaruhi rasa dan teksturnya.

See also  Tips Menghadapi Audit ISO Dijamin Sukses

Beberapa bahan dasar yang cukup sering dipakai dan disukai banyak orang ialah kentang, kacang-kacangan, susu, dan buah-buahan.

  • Snack dari kentang mempunyai gizi seperti mineral dan vitamin. Diolah secara beragam seperti dimasak sampai dijadikan keripik, snack kentang sering diberi tambahan bumbu supaya jadi lebih gurih.
  • Snack dari kacang-kacangan mempunyai rasa dan tekstur yang renyah, disukai banyak orang.
  • Snack dari bahan dasar susu umumnya dicampur dengan beberapa bahan yang lain seperti cream, tepung, cokelat atau perasa yang lain agar rasa jadi lebih nikmat.
  • Snack dari buah-buahan akan memberi warna dan rasa yang lain pada snack. Dengan tambahan potongan buah yang telah dikeringkan, snack jenis ini menjadi alternatif makanan sehat.

3. Pilih yang Kalori Rendah Tapi Tetap Mengenyangkan dan Sehat

Banyak snack ringan yang memiliki kandungan kalori tinggi, lemak, dan gula berlebihan seperti permen, keripik, dan krupuk. Snack seperti itu tidak mengenyangkan, sampai bisa membuat Anda memakannya terus menerus secara tidak sadar. Oleh karena itu, seharusnya pilih snack yang rendah kalori, namun tetap mengenyangkan dan sehat.

Anda bisa pilih snack ringan yang cuma memiliki kandungan sekitaran 150-200 kalori, sehingga cukup membuat kenyang sepanjang beberapa saat. Disamping itu, pilih cemilan yang memiliki kandungan banyak serat dan gizi penting seperti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur.

Cemilan yang memiliki kandungan sedikit protein, lemak tidak jenuh, dan asam lemak omega 3 dapat dijadikan opsi, karena bisa membuat Anda merasa kenyang dan senang semakin lama. Snack sehat akan membantu Anda terhindar dari resiko kegemukan. Karena itu, pilih snack ringan memiliki kalori rendah namun tetap sehat.

4. Pilih Rasa yang Sesuai Selera

Sesuai selera, Anda bisa pilih beberapa varian seperti rasa rumput laut, daging sapi, daging ayam, jagung bakar, keju, dan cokelat.

  • Rumput laut ialah makanan yang kaya serat dan sering jadi agar-agar atau cermat, jadi menambah rasa dalam makanan ringan. Keunikan snack ini mempunyai butiran kecil warna hijau yang merupakan bubuk rumput laut.
  • Daging sapi dan daging ayam sebagai rasa yang biasa ditemui di beberapa snack ringan. Datang dengan varian panggang, barbeque, atau bumbu pedas demikian digemari orang.
  • Jagung bakar mempunyai rasa pedas manis.
  • Keju memberi sensasi meleleh di mulut.
  • Cokelat mempunyai rasa yang manis, baik untuk meningkatkan suasana hati.
See also  Tips Mudah Mengajar Anak Belajar Bahasa Inggris di Rumah

5. Cek Kemasan yang Praktis dan Gampang Dibawa

Paket menjadi satu diantara unsur yang bisa Anda pertimbangkan saat menentukan snack ringan. Biasanya ada dua jenis kemasan cemilan, yakni yang dibuat dari plastik dan kertas.

  • Paket plastik diputuskan oleh banyak produsen karena faktor ekonomis dan kemudahan pada proses pengemasan. Disamping itu , makanan yang berada di dalam kemasan plastik akan lebih bertahan lama.
  • Kemasan kertas umumnya memakai material kemasan food grade yang lebih ramah lingkungan.Ada empat tipe kertas yang kerap dipakai untuk mengemas makanan ringan, yaitu kraft paper, coated paper, white cardboard, dan offset paper. Setiap jenis kertas mempunyai tingkat kekakuan, kelenturan, dan estetika yang lain.

Demikian artikel di atas mengenai Cara Memilih Snack (Makanan Ringan) untuk Liburan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.