Tips Dalam Membuat Gula Semut dari Bahan Nira Aren yang Bisa Anda Coba

 

Tips Membuat Gula Semut dari Bahan Nira Kelapa yang Bisa Anda Coba  – Halo semuanya. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips yaitu berupa cara pembuatan gula semut dari nira kelapa. Gula semut aren atau juga seringkali disebut dengan gula aren kristal ini dalam cara pembuatannya hampir serupa dengan membuat gula aren cetak.

Dalam pembuatan gula semut ini, dengan memanfaatkan getah bening (nira) yang berasal dari pohon enau (arengga pinnata). Namun, untuk harga gula semut berbahan dasar nira itupun lumayan terjangkau dan bahannya pun juga segar dengan PH sebanyak 7%.

Jika sampai kurang ataupun lebih dari PH ideal tersebut, kemungkinan gula tersebut tidak bisa mengkristal. Dari pada lama-lama langsung saja mari kita lanjut dalam cara pembuatan dari gula semut berbahan dasar nira kelapa ini, sebagai berikut.

 

Cara Membuat Gula Semut dari Nira Kelapa

1. Pemanasan Nira Aren

Dikarenakan nira gampang sekali terfermentasi, maka anda wajib untuk langsung mengolahnya setelah mengambilnya dari pohon. Nira mesti segera diolah maksimal dalam waktu 90 menit sesudah dikeluarkan dari bumbun.

Nira tersebut bisa dimasukkan ke wadah berupa wajan besar supaya langsung dipanaskan ataupun direbus. Namun, pada saat proses dimasukkan ke dalam wajan, anda bisa sekalian melakukan penyaringan.

Supaya kotorannya tidak ikut pada waktu dipanaskan. Pemanasan nira ini bisa dilakukan selama 1 hingga 3 jam, lamanya proses pemanasan ini juga tergantung pada banyaknya nira yang akan dipanaskan. Di saat proses pemanasan berlangsung, nira tersebut dapat diaduk terus sampai mendidih.

 

2. Pengadukan Nira yang Sudah Mengental

Setelah nira tersebut menjadi lebih pekat dan mengental, untuk api dalam proses pemanasan tersebut bisa dikecilkan, sesudah 10 menit, wajan diangkat dari tungku api dan nira yang sudah pekat dapat diaduk secara perlahan sampai terjadi pengkristalan.

See also  Cara Mengatasi Game Pubg Keluar Sendiri

Setelah nira mengental dan mengkristal, anda bisa melakukan pengadukan dengan lebih cepat hingga sampai terbentuk serbuk yang kasar. Serbuk kasar itulah yang biasa disebut sebagai gula semut setengah jadi, dikarenakan umumnya kandungan pada airnya masih di atas 5%.

 

3. Penggilingan Pada Gula Semut

Gula semut yang setengah jadi tersebut setelah itu digiling dengan memakai mesin penggiling supaya lebih cepat. Tujuan dari penggilingan pada gula semut ini agar memperkecil ukuran serbuknya serta menghaluskan gumpalan pada gula.

 

4. Pengayakan Gula Semut

Biasanya, proses pengayakan ini dilakukan dengan memakai ayakan berukuran 10 mesh, 12 mesh, atau bila ingin untuk hasil yang lebih halus bisa menggunakan ukuran 20 mesh sesuai dengan kadar air kurang dari 3%. Supaya dapat memperoleh tiga tingkat kehalusan tersebut. gula semut yang telah digiling bisa langsung diayak menggunakan ayakan dari ukuran yang paling besar. ukuran ayakan tersebut, yaitu 10 mesh.

Sesudah itu baru gula semut yang telah lolos ayakan 10 mesh, diayak ulang memakai ayakan 15 mesh, kemudian diayak lagi dengan ayakan 20 mesh. Sedangkan itu pada gula semut yang tidak lolos dalam ayakan 10 mesh disebut dengan gula reject. Gula semut yang di-reject itulah nantinya yang akan dimasak kembali hingga meleleh serta dicetak menjadi gula merah.

 

Penutup

Seperti itulah tips untuk membuat gula semut berbahan dasar dari nira kelapa. Seperti cara tersebut terlihatnya memang mudah, namun jika anda langsung praktek dalam membuatnya mungkin tidak semudah yang kalian bayangkan.

Namun bila kalian ingin mengetahui terlebih dahulu seperti apa bentuk dan halusnya dari gula semut tersebut, kalian bisa mengunjungi jual gula semut untuk mengetahui lebih jelas mengenai gula semut tersebut.

See also  Ide Lomba Online 17an Dimasa Pandemi